oleh

10 KUBE Dilatih Manajemen Keterampilan Wirausaha, Komentar Nuranifah

LUTRA, Lepongannews.com – Sepuluh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan mengikuti pelatihan manajemen dan keterampilan wirausaha. Pelatihan itu untuk mendukung kemampuan anggota KUBE penerima bantuan hibah bagi keluarga keluarga pra sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Fakir Miskin Dinas Sosial, Nuranifah pada media ini, Minggu (20/9/2020) bahwa, warga pra sejahtera yang tercatat dalam Basis Data Terpadu dan ikut dalam program wirausaha seperti KUBE ini memang menjadi salah satu fokus utama Dinas Sosial di masa corona yang belum selesai.

“Ia melanjutkan, tujuan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman terhadap kelompok terkait manajemen serta memberikan keterampilan wirausaha sebagai motivasi kepada anggota KUBE dalam mengelola usahanya,” terang,” mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Masamba, Nuranifah.

Ia menambahkan, sebagai pendamping KUBE di Kabupaten Lutra yang berjuluk Bumi Lamaranginang, pihaknya berusaha mencari peluang untuk KUBE binaannya agar kemampuan mereka semakin baik dan semakin meningkat penghasilannya.

“Dan tujuan akhir dari pelatihan dan pendampingan ini, agar warga pra sejahtera/miskin di sepuluh KUBE, terbagi tujuh KUBE merupakan penerima bantuan TA 2020 dantiga KUBE penerima bantuan TA 2019. Dengan rincian ada 2 KUBE dari Kecamatan Malangke Barat, 2 KUBE dari Kecamatan Bone-Bone, 1 KUBE dari Kecamatan Sabbang, 2 KUBE daru Kecamatan Mappedeceng, 1 KUBE dari Kecamatan Sukamaju dan 2 KUBE dari Kecamatan Sukamaju Selatan,” jelas Nuranifah.

“Kelompok Usaha Bersama (KUBE) ini, diharapkan bisa mempunyai peluang berwirausaha. Supaya penghasilan meningkat, dan kondisi mereka sejahtera,” tambah Kabid Fakir Miskin pada Dinas Sosial.

Pelatihan tersebut diselenggarakan Dinas Sosial di Aula Hotel Bukit Indah Masamba kemarin, Jumat (18/9/2020).

Dikesempatan itu Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani membuka pelatihan KUBE pada 10 Kelompok Usaha Bersama, kata Nuranifah, Bupati mengatakan dan berharap, dengan program KUBE tersebut, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera di Bumi Lamaranginang.

Sekadar diketahui, pada pelatihan tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan sembako dari Kementerian Sosial kepada 237 anak korban banjir bandang di Bumi Lamaranginang. Juga menyerahkan bantuan pada siswa/i kurang mampu di sekolah ramah anak. Bantuan tersebut diterima para Kepala UPT, masing-masing SDN Center Masamba, SDN Katokkoan dan SDN Balebo. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed