oleh

3 Lagi Positif Corona di Tator Muncul, Penjual Ikan di Makale

 

TANA TORAJA-Lepongannews.com – Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan ┬átelah mencatat 3 pasien corona sembuh, muncul lagi 3 Pasien baru terkonfirmasi positif corona/Covid-19.

Hal ini disampaikan Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja- Berthy Mangontan pada media ini melalui via jejaring WhatsApp pada media ini, Jumat (29/5/2020) kemarin sore, dan diterima wartawan ini, Sabtu (30/5/2020) pagi bahwa, ada enam kasus terkonfirmasi positif Corona dan tiga positif corona sembuh dan muncul lagi tiga pasien positif ,” kata Berthy Mangontan.

Berthy mengatakan, penambahan tiga kasus baru, menurutnya muncul karena adanya pendatang dari zona transmisi lokal.

“Penularan ini dari pelaku perjalanan yang mudik dari zona transmisi lokal,” lanjutnya.

Ketiga pasien Corona tersebut kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada. Dan Pemkab Tator juga melacak riwayat kontak para pasien tersebut.

Ketiga pasien corona dikatakan dr. Syafari Mangopo di dampingi Berthy Mangontan menjelaskan ke tiga orang yang terkonfirmasi positif corona berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang kami terima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar Sulsel.

Ketiga pasien yang positif corona berdasarkan hasil pemeriksaan SWAB yakni, Penjual ikan (pasien 04) yang selalu parkir di Telkom Makale (jembatan Paku) menjual ikan. Laki-laki 59 tahun yang beralamat Pasar Baru Tondon Mamullu Kecamatan Makale. Riwayat perjalanan penjual ikan ini dari Kota Palopo dua bulan yang lalu, dengan keluhan nyeri tenggorokan dan batuk, dan dilakukan Rapid Test di RS Fatimah Paku Makale pada tanggal 25 Mei 2020 dan dinyatakan reaktif lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan SWAB. Sambil menunggu hasil Swab penjual ikan ini sementara di isolasi di RSUD Lakipadada.

Seorang perempuan (52) pasien 05 beralamat Raru Sibunuan Kecamatan Sangalla, dan riwayatnya pada tanggal 20 Mei 2020 datang dari Makassar dengan riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif di Makassar dan berdasarkan hasil surveilans ditetapkan statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG) dan dilakukan pemeriksaan swab. Pasien ini sementara diisolasi di RSUD Lakipadada.

Seorang perempuan (33) pasien 06 beralamat Kelurahan Rantetayo Kecamatan Rantetayo masuk Rumah Sakit Lakipadada pada tanggal 27 Mei 2020 dengan tujuan hendak melahirkan. Dan berdasarkan prosedur pihak RS pasien operasi Caesar harus menjalani Rapid Test tersebut di nyatakan Reaktif sehingga dilanjutkan pengambilan SWAB. Sedangkan pelaksanaan operasi caesar dilakukan prosedur APD level 3, dimana bayi kembar dari pasien asal Rantetayo setelah dilakukan operasi langsung dilakukan pemisahan kontak antara ibu dan anak.

Dan sekarang Satgas Covid-19 Tator melakukan langkah-langkah memutus rantai sebaran virus dilingkungan masyarakat.

“Langkah-langkah ini dilakukan adalah Tracking Contact terhadap riwayat ke tiga pasien positif dengan melibatkan Tim Surveilans dari Puskesmas setempat dan Kepolisian,” terang Berthy Mangontan.

Berthy menghimbau masyarakat Tator untuk tetap tenang, saling menguatkan, tetap jaga jarak, ikuti pola hidup sehat dan taat pada himbauan pemerintah, “pungkasnya. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed