oleh

Armada Angkutan Sampah Torut Rata-rata Sudah Tua, Ini Kata Kadisnya.

Lepongan News – Toraja Utara Di kota manapun di dunia baik di kota yang sudah maju maupun kota yang baru berkembang sampah selalu menjadi masalah yang meresahkan.


Seperti yang terjadi di kota Rantepao yang adalah juga sebagai ibu kota Toraja Utara, sampah tak luput menjadi masalah besarnya.


Baru-baru ini terjadi penumpukan sampah di Rantepao memenuhi sudut- sudut kota, trotoar, bahkan disamping kantor Kecamatan Rantepao.

Ketika dikonfirmasi ke dinas terkait pagi tadi 9/1/2020. Kadis lingkungan hidup (DLH) Arung B Lipa yang masih berkantor dilingkungan hidup menjelaskan bahwa terjadinya penumpukan sampah baru-baru ini di kota Rantepao disebabkan oleh petugas kami lagi libur tahun baru selama 3 hari, setelah mereka masuk kembali untuk bekerja sampah sudah menggunung sehingga petugas kami kewalahan menaikkannya ke atas mobil sampah mengakibatkan pengangkutan sampah ke TPA sangat lamban.

Lanjut Arung yang sudah diroling ke dinas Perindustrian ini, menjelaskan bahwa sudah seharusnya dinas kebersihan dipasilitasi alat berat seperti exapator walau kapasitas yang kecil saja karena exapator akan sangat membantu bilamana ada penumpukan sampah.

Tapi Jangankan exapator lanjutnya mobil sampah yang kami punya sekarang itu saja! sudah tidak layak, mengakibatkan biaya mentenens membengkak dan memperlambat operasional angkutan.


Dari 12 unit yang ada sekarang ini 8 unit sudah sangat tua, ada yang sudah berumur 30 tahun, terutama unit yang masih pemberian dari hasil pemekaran dulu dari Tana Toraja.

Dulu ada bantuan mobil baru 3 unit dari PT Malea lanjut Arung lagi, namun hanya 2 unit yang baru yang 1 unit sudah tua entah siapa yang akalin, saya tidak tahu ungkapnya.


Seiring berjalannya waktu pembersihan sampah mulai membaik kembali, dalam sehari 12 unit mobil sampah dikerahkan untuk mengangkut sampah tersebut, kadang-kadang mereka mengambil 2 kali red sebab sampah sudah sangat menumpuk dan juga sangat menggangu pemandangan kunci Arung.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed