oleh

Berita Video : Lembang Suloara Tuntaskan Penyaluran BLT Tahap III.

Video Saat Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Lembang (PMPL) Ritha Rasinan menyampaikan BLT DD kepada warga terdampak pandemi covid-19

Lepongan News-Toraja Utara – 
Hari ini, Sabtu (18/07/2020) Lembang (desa) suloara kecamatan sesean suloara kabupaten Toraja Utara menuntaskan penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) tahap ketiga.

Totalnya adalah 365 Keluarga Penerima Manfaat di wilayah tersebut, masing-masing mendapatkan bantuan BLT Dana Desa (BLT-DD) Rp 600.000/KK.

Selanjutnya Bulan Juli Hingga September 2020 Menunggu Arahan Dari Pihak Pemerintah Kabupaten.

Arahan itu terkait dengan telah keluarnya Peraturan Menteri Desa Nomor 7 Tahun 2020 Pengganti Peraturan Menteri Desa Nomor 11 Tahun 2019.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Lembang (PMPL) Ritha Rasinan menyampaikan BLT DD kepada warga terdampak pandemi covid-19 agar dapat dimanfaatkan.

“Pakailah untuk kebutuhan Rumah Tangga yang bermanfaat,” pesannya.

Dikatakan, dengan adanya bantuan ini masyarakat supaya dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara kepala lembang suloara Agus Sedan menyampaikan dalam kondisi pandemi Covid-19, semua elemen masyarakat mesti saling mendukung satu sama lainnya, menjaga kekompakan dan meningkatkan jiwa gotong-royong. Bagi masyarakat yang kaya, mari bantu masyarakat yang miskin. Pemerintah lembang suloara kabupaten Toraja Utara berharap tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak terdata, sehingga tidak mendapatkan bantuan Covid-19. Jika ada masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan dan mereka adalah orang yang berhak menerimanya, maka masyarakat tersebut diharapkan dapat melapor kepada RT atau pemerintahan setempat.

“Semoga  Covid-19 cepat berlalu dan Toraja Utara terbebas dari serangan virus yang membahayakan ini,” ungkap Agus saat membagikan BLT Dana Desa di lembang suloara, Kecamatan sesean suloara.

Saat menghadapi Covid-19 lanjutnya, mari kita tingkatkan kekompakan dan saling mendukung satu sama lainnya, mari kita tingkatkan jiwa gotong-royong saling membantu antara satu sama yang lainnya. Mari kita hadapi Covid-19 ini secara bersama-sama dan memberikan andil sesuai kapasitasnya masing-masing.

Kepala Lembang Suloara juga mengingatkan, agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan di tengah Covid-19. Jika ada masyarakat yang berhak tidak terdata akibat kesalahan tehnis, maka masyarakat diharapkan melapor kepada Ketua RT atau pemerintahan setempat, harap Agus.

Sementara Ritha Rasinan juga mengajak agar mematuhi protokoler kesehatan.
“Mari tetap berada di rumah. Jangan keluar rumah jika tidak penting. Jika wajib keluar rumah, mari pakai masker untuk menghindari serangan virus dan membatasi atau memutuskan rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Kepala Dinas PMPL, Sekertaris Camat Sesean Suloara, Kepala Lembang Suloara, Ketua BPL bersama anggota, Para Kepala Dusun, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan penerima Manfaat BLT Dana Desa.

Kepala Lembang yang di nakhodai Agus Sedan, pada awak media menyampaikan bahwa ada 365 KK yang mendapatkan bantuan Langsung Tunai.

Sementara sekertaris camat sesean suloara Tandi Dala’, mengatakan kami segera Mengambil langkah cepat dengan melakukan Musyawarah Desa, Khusus dengan mengundang para Kepala Dusun, Ketua BPL bersama jajarannya, para RT, serta masyarakat dengan agenda Validasi dan penetapan nama serta tempat tinggal penerima BLT DD di Lembang Suloara .

Berdasarkan hasil Musyawarah Desa, menghasilkan kesesuaian sesuai Edaran Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, masyarakat yang terdampak COVID-19 akan mendapatkan BLT DD dengan persyaratan yang Telah ditentukan, yakni penerima BLT Dana Desa adalah masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sosial yang  dikeluarkan oleh Dinas Sosial. Pungkas Tandi Dala’.
(sal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed