oleh

Bertambah Lagi 1 Orang Positif Covid-19 Corona Di Toraja Utara, Sehingga Kini Sudah Mencapai 4 Orang

Lepongan News– Toraja Utara-
Kembali ada lagi pasien terpapar positip Covid-19 pada Jumat (19/06/2020) malam ini bertambah lagi satu kasus positif Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dan ini mengalami peningkatan menjadi empat orang. Perkembangan terakhir kasus pasien Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara hingga 19 Juni 2020 pukul 22.00 Wita bertambah satu orang.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara mengumumkan malam ini satu orang lagi terkonfirmasi positif, sehingga total warga yang positif Covid-19 sebanyak 4 orang di Toraja Utara

Hasil sampel Swab Test pasien  yang bertambah satu itu menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada Tana Toraja dinyatakan positif Covid-19.

Sementara informasi yang diterima dari empat pasien yang sudah positif di Toraja Utara berasal dari Kecamatan yang berbeda. Sebanyak 2 orang dari Kecamatan Rantepao dan 1 orang dari Kecamatan Tallunglipu, sementara 1 orang yang terkonfirmasi pada Jumat (19/06/2020) malam sebagai pasien yang ke 4 adalah warga asal Makassar dan sudah diberangkatkan ke Makassar untuk mengikuti program Wisata Covid-19.

Pasien yang 4  tersebut berasal dari Makassar diduga dia sering berkunjung ke Toraja dalam rangka dinas, dan saat berada di Toraja Utara dia berinisiatif sendiri melakukan rapid test

Swab di RS Lakipadada yang hasilnya dinyatakan positif.

Anugrah Yaya Rundupadang selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara saat dikonfirmasi, membenarkan adanya informasi pasien keempat asal Makassar yang positif Covid-19 di Toraja Utara.

“Pasien ke empat asal Makassar ini memang benar positif sesuai hasil swab test dan akan dibawa ke Makassar untuk menjalani program Wisata Covid-19,” ungkap Yaya.

Ditambahkan, terkait identitas dan riwayat pasien ketiga dan keempat itu tidak diumumkan karena kita mengacu kepada aturan protokol komunikasi, kita hanya menyiapkan data monitoring status Covid-19 Pemkab di Toraja Utara.

Selain itu kata Yaya, pasien kedua yang sempat dirawat di RSUD Lakipadada Tana Toraja beberapa waktu lalu sudah dilakukan rujukan ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk menjalani perawatan medis terkait dengan penyakit penyerta/bawaan.

“Sementara pasien pertama dan ketiga sedang menjalani program Wisata Covid-19, dan pasien kedua dirujuk dan dirawat khusus di Rumah Sakit Wahidin Makassar sehubungan dengan penyakit yang dideritanya.up

Sesuai data monitoring status Covid-19 Pemkab Toraja Utara, untuk saat ini sudah terkonfirmasi empat orang pasien positif Covid-19 dan semua sudah dalam perawatan medis.

Sementara itu juga ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang pernah kontak dengan pasien positif juga dalam penanganan tim kesehatan Satgas Covid-19 Pemkab Toraja Utara.

Dengan bertambahnya kasus hingga sampai empat orang, Pemerintah Daerah Toraja Utara berharap masyarakat tetap disiplin melakukan protokol kesehatan dan tetap tinggal di rumah, pakai masker dan selalu cuci tangan gunakan sabun.(hta)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed