oleh

Daerah Pegunungan Terisolir di Bumi Lamaranginang, Sudah Bisa Manfaatkan VSat BRI untuk Komunikasi Daerah 3T

 

LUTRA, Lepongannews.com – Jaringan satelit (Vsat) milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BRIsat/Vsat bisa dimanfaatkan masyarakat bertransaksi di BRI, dimana yang terletak di daerah Terdepan, Tertinggal dan Terluar (3T) seperti di Rongkong, Seko dan Rampi. Peluncuran uji coba(launching) pemanfaatan jaringan BRIsat oleh Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) dilaksanakan Minggu (21/6/2020) kemarin.

Indah Putri Indriani menyatakan bangga dan berterima kasih karena BRIsat memiliki andil tidak hanya pada sektor perekonomian. Melainkan juga memiliki peran dalam menjaga kedaulatan Bangsa.

Hal ini disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melalui Kabag Humas Pemda Lutra Igho panggilan akrabnya pada media ini, Selasa (23/6/2020) mengatakan bahwa, di Bumi Lamaranginang wilayah pegunungan yang terisolir sudah ada 9 unit Vsat/Satelit BRI yang sudah terealisasi 6 unit, yakni 3 unit sudah terealisasi di Kecamatan Rongkong Desa Kanandede, Rinding Allo dan Desa Limbong.

Pemasangan BRI Satelit/Vsat dimaksudkan untuk mempermudah transaksi yang selama uni dilakukan secara offline dan sekarang sudah bisa online,” terang Indah Bupati Lutra, seraya menambahkan mempermudah juga penerima Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial RI, transaksi perbankan lainnya.

“Kami berterimakasih kepada pihak BRI yang telah memberikan dukungan kepada Pemda Lutra denfan mempermudah masyarakat pegunungan terisolir untuk bertransaksi perbankan,” tambah Indah.

Sementara pimpinan cabang BRI Lutra Masamba Agus Adi Hermanto akan terus mensupport pembangunan di daerah pelosok. “Ini sesuai dengan visi kami saat menggagas ide memiliki satelit, dimana pemanfaatannya tidak hanya digunakan oleh Bank BRI namun digunakan untuk kepentingan Negara,” ujar Agus Adi Hermanto.

Selain itu, BRIsat juga telah dimanfaatkan oleh BRI untuk menyediakan jaringan komunikasi bagi agen BRILink di daerah pelosok. Sehingga mampu mendukung kebijakan BBM Satu Harga yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Kami dari pihak BRI juga berterimakasih kepada Bupati Lutra Indah Putri Indriani yang mempercayai kami sebagai mitea untuk bersama-sama membangun tiga Kecamatan di Bumi Lamaranginang yang berada di wilayah pegunungan yakni Kecamatan Rongkong, Seko dan Rampi,” tukas Kacab BRI Lutra Masamba.

Untuk kita ketahui berdasarkan data dari Kepala Dinas Sosial Besse Andi Pabeangi, ada 9 unit Vsat diusuljan untuk wilayah 3T di wilayah pegunungan terisolir di Bumi Lamaranginang. Dan yang telah terpasang di Kecamatan Rongkong 3 unit, di Kecamatan Seko 2 unit Vsat dan 1 unit Vsat di Kios Clara Kecamatan Rampi.
Dan sementara 2 unit Vsat masih dalam proses untuk ditempatkan di Desa Onondowa dan Desa Leboni Kecamatan Rampi. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed