oleh

Dengan Target Sekolah Adiwiyata, UPT.SMPN 2 Sesean Suloara’ Giat Berbenah diri.

Lepongan Bulan.News -Toraja Utara – Kepala Sekolah UPT SMPN 2 Sesean Suloara Efrain Tolan Allositandi. S Pd MM, sejak oktober 2017 di tempatkan, sudah ada sejumlah program pendidikan yg di kerjakan utamanya perubahan VISI Sekolah yang dianggap banyak hal yang segera di benahi.

Atas dasar itu maka ditetapkan VISI Sekolah BERIMAN, BERKARAKTER, BERPRESTASI Dan PEDULI LINGKUNGAN, yang merupakan acuan untuk bekerja membenahi sekokah.

Ketika saya mengawali tugas saya di SMPN 2 Sesean Suloara, saya mengamati beribadah sangat minim sekali, sehingga saya mengambil langkah yaitu setiap pagi masuk sekolah siswa, guru dan pegawai jam 7.15-7.30 di wajibkan melaksanakan ibadah di halaman sekolah yang di pimpin oleh siswa dengan membawa masing masing Alkitab baik siswa, guru dan pegawai.
Begitupun juga setiap siswa hendak kesekolah harus membawa Alkitab, ini di maksudkan dengan membaca Alkitab setiap kegiatan harus di landasi dengan iman.

Berkarakter, siswa kami sebelum saya di tempatkan disini, masih sangat kurang menyapa, atas dasar itu saya merubah pola pikir siswa kendatipun siswa sedikit kaku dengan melakukan ( 3 S) yaitu,Salam,Sapa dan Senyum, dimana setiap masuk sekolah harus memberi salam, menyapa dan senyum kepada guru dan pegawai begitupun saat pulang sekolah, termasuk antara siswa dengan siswa dengan maksud bisa terjalin ke akrapan yang harmonis.

Berprestasi, secara umum siswa kami belum pernah mendapat prestasi tetapi senantiasa tetap ikut dalam lomba seperti lomba Olimpyade tingkat kabupaten, ini di maksudkan bagaimana siswa di motivasi dengan sekolah lain untuk bersaing mengejar prestasi dalam memudahkan lapangan pekerjaan.

Menurut Efrain, patut di syukuri siswa kami sebanyak 190 orang,, Guru PNS 10 orang, Pegawai PNS 3 orang, Guru Honda 8 orang, Guru tidak tetap 1 orang dan tenaga kontak 2 orang.,sehingga di TA.2018/2019 siswa kami melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta yang lulus 100 persen, kemudian melanjutkan pendidikan di tingkat atas yang favorit di kota mereka rata-rata berprestasi dan banyak yang lulus. Walaupun masih kekurangan perangkat lunak ( leptop),agar mutu pendidikan dapat diandalkan maka siswa yang punya leptop mengupayakan membawa dan di bantu oleh guru dan pegawai, mengingat ketersedian belum memadai,atas inisiatif dan kepedulian komite sekolah diadakan pertemuan dengan mengundang Anggota DPRD wil. Pemilihan, camat, Tokoh Masyarakat dan Alumni.
Seperti bantuan leptop bpk Marhen Parrangan, bpk Matius Sampe lalong, bpk DT Rantetasak, dan dr. Simon Liling, Camat, Kepala Lembang, Kelompok Masyarakat dan Alumni dengan keseluruhan terkumpul 12 buah leptop.

Lanjut Efrain menyampaikan terimah kasih kepada Kementrian, Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara (Bupati dan Wakil Bupati) Dines pendidikan, atas kepedulian sekolah kami dan semua stekholder, juga rekan- rekan Pers sebagai mitra kerja yang mempublikasikan semua kegiatan sekokah, sehinga kami mendapat bantuan Ruangan Laboratorium IPA,Kamar Toilet, dan Ruangan Laboratorium Komputer.
Seningga sekolah kami dapat menuju sekolah Adiwiyata atau sekolah Model. (Fred)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed