oleh

Dijemput Satgas Covid, 14 TKI Asal Malaysia Tiba di Toraja Utara

 

Lepongan News,Toraja Utara,— Tenaga  kerja Indonesia asal Toraja Utara dipulangkan Pemerintah Malaysia sebanyak 14 orang  yang di anggap bermasalah dan tibah di Pelabuhan Pare pare langsung di jemput oleh tim Satgas Covid 19 Toraja Utara dengan menggunakan Bus.

“Kami jemput 14 orang hari ini, dan sudah gelombang yang kelima. Sebelumnya kami juga sudah menjemput warga kita yang dipulangkan dari Malaysia,” ungkap Fery, salah satu anggota Satgas Covid-19 Toraja Utara, yang menjemput para TKI bermasalah ini di Pare-Pare, Jumat, 3 Juli 2020.

Selain 14 warga asal Toraja Utara, juga terdapat 11 TKI yang bermasalah asal dari Kabupaten Tana Toraja.

Adanys Penjemputan terhadap TKI bermasalah ini atas perintah Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah setelah menerima surat permohonan dari UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Wilayah Nunukan, Kalimantan Utara.

Dari 14 pekerja yang bermasalah asal Toraja Utara telah tiba di Pelabuhan Nusantara Pare-Pare bersamaan 225 orang warga lainnya, berasal dari Sulawesi Selatan dengan menggunakan KM Thalia Express dari Nunukan.

Anugerah Yayah Rundupadang Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara, menjelaskan bahwa para pekerja migran bermasalah ini telah dijemput dan akan disterilisasi ke RS Pongtiku, Tallunglipu.

“Kemungkinan para Tenaga imigran hanya satu malam menjalani disterilisasi di RS Pongtiku, kemudian nanti keluarga yang akan menjemput mereka,” terang Yaya, Jumat, 3 Juli 2020.

Setelah dijemput pihak keluarga, urai Yaya, para TKI ini diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan akan dipantau secara ketat oleh petugas kesehatan dari Puskesmas setempat.

Kemudian Yaya tambahkan, para TKI bermasalah ini tidak akan di-rapid test lagi di RS Pongtiku. Sebab, mereka sudah melakukan rapid test maupun Swab test di Tawau, wilayah negara Malaysia sebelum dipulangkan. Kemudian, ketika tiba di Nunukan, mereka juga mengikuti rapid test.

“Selain itu, sebelum turun dari kapal, mereka juga sudah memeriksakan kesehatannya oleh petugas medis,” kunci Yaya. (hta).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed