oleh

Groub Embun Pagi di atas 50 tahun, Aktifkan Kembali Olahraga Senam dan Lari

dengan

LUTRA, Lepongannews.com – Embun Pagi adalah groub warga Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berumur 50 tahun ke atas untuk menjaga stamina tubuh mereka dan di komandani Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Lutra.

Hal ini di sampaikan Kadis P2KUKM Lutra, H. Muh Kasrum Patawari pada wartawan media ini, Sabtu (30/5/2020), bahwa olahraga yang kami tekuni dalam groub Embun Pagi adalah senam dan lari pagi. Ini olahraga paling sederhana dengan segudang manfaat bagi tubuh diatas usia 50 tahun.

“Dengan aktivitas fisik ini yang kami selalu laksanakan tiap subuh terkendala dengan pandemi cocid-19 dan kami mulai aktifkan kembali tadi subuh,” tuturnya melalui via jejaring WhatsApp pada media ini.

Olahraga lari dan senam maupun jogging alias lari kecil, kami pilih karena alternatif dan olahraga ini sangat mudah dan tidak perlu merogoh kocek.

“Kami juga tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam perlengkapan olahraga lari. Setidaknya, kenakan sepatu olahraga yang sesuai dengan ukuran kaki untuk menghindari cedera. Selain itu, berlari bisa dilakukan di manapun asal lintasan dalam keadaan aman, seperti di lingkar jalan Desa Kamiri, dan itu kami laksanakan kembali dengan tetap mengikuti himbauan pemerintah dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan setelah beraktifitas dan mandi ,” tuturnya lagi, seraya menambahkan groub ini beranggotakan seperti bapak Sekwan Lutra, H.Aspar, pemilik toko duta musik, pemilik toko duta ilmu, pemilik hotel yuniar dan anggota lainnya.

Lari atau jogging, senam secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari kesehatan jantung hingga membuat suasana hati jadi lebih bahagia, dan banyak hal berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental.

” Kami orang tua yang sudah berumur 50 tahun keatas, memilih jenis olahraga lari dan senam karena olahraga ini dianjurkan bagi para orang tua dan juga bisa memperbaiki kebiasaan buruk, khususnya malas berolahraga bisa dilakukan dengan cara berlari yang bisa jadi alternatif untuk mulai menjalani hidup sehat,” tambah Ketua Groub Embun Pagi Masamba, H.Muh Kasrum Patawari.

Kasrum panggilan akrab Kadis P2KUKM Lutra ini menjelaskan bahwa kegunaan dan manfaat olahraga lari dan senam bagi orang tua untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, seperti mengecilkan betis dengan lari, menurunkan berat badan karena olahraga lari berperan dalam mengurangi kalori dalam tubuh, menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

“Kadis P2KUM menamvahkan bahwa olahraga lari dan senam juga meningkatkan kualitas otak dari masalah-masalah pekerjaan yang kita, karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif,” terangnya, ibarat saya Dokter sambil tertawa, dan juga meningkatkan fngsi irgan tubuh dari penyakit, karena menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat,”pungkasnya. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed