oleh

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Dr. Ir. H. M Nurdin Abdullah, M.Agr melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Toraja Utara

Lepongan News-Toraja Utara-Gubernur tiba di Toraja Utara, dijemput Forkopimda serta jajaran di Posko Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Pabesenan, tepatnya di Lembang Tadongkon, Kecamatan Kesu, Jumat (8/5/2020) malam.

Hadir Bupati Toraja Utara, Dr Kalatiku Paembonan M.Si, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusama, Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama dan Setda, serta Kepala OPD.

Dalam sesi wawancara setelah menerima Gubernur Sulsel bersama rombongan di loby hotel Misiliana, Bupati Kalatiku Paembonan menyampaikan bahwa Gubernur Nurdin Abdullah saat turun dari bus memantau pemeriksaan di Posko Satgas Covid-19.

“Alat pendeteksi suhu tubuh, kita tidak gunakan lagi alat thermometer yang cepat rusak, tapi sekarang sudah gunakan thermoscan menggunakan alat komputer yang dapat mendeteksi warga dari kejauhan,” ucap Kalatiku.

Sehingga menurutnya, dengan alat thermal scan dengan cepat bisa mendeteksi warga hingga 10 orang langsung sehingga penanganan pemeriksaan cepat berlangsung.

Kata Kalatiku, semenjak menggunakan tersebut aktivitas pemeriksaan sudah berjalan lancar tidak lagi terjadi kemacetan.

“Ada pula pemeriksaan E-Ktp yang juga discan, terlihat jelas biodata warga dan mengetahui kartu asli atau tidak,” ungkapnya.

Bupati Kalatiku menyampaikan tujuan Gubernur Nurdin Abdullah ke Toraja untuk penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara serta melihat perkembangan penanganan wabah Covid-19 dan dampak diakibatkan pandemi virus Corona.

“Beliau sangat terkesan saat memantau posko, dan kami sudah antisipasi andaikata masih perpanjangan wabah ini maka kami sudah siapkan gerakan penanaman holtikultura, perikanan dan perternakan,” tutup Kalatiku.

Sementara Jubir Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Anugerah Yaya Rundupadang mengatakan Gubernur Sulsel apresiasi alat thermal scan menggunakan komputer dan kamera cctv intared itu yang sudah digunakan beberapa hari terakhir digunakan.

“Pak Gubernur Sulsel tanyakan adakah dan bagaimana penanganan pasien Covid-19 yang sudah di rapid hingga hasil swab yang memang hingga saat ini masih negatif, belum ada positif sama sekali di Toraja Utara,” ucap Yaya.

Katanya sangat bersyukur atas kedatangan Gubernur Nurdin Abdullah untuk menyerahkan bantuan APD kepada Satgas Covid-19 Toraja Utara yang dapat menjadi penguatan tim gugus tugas demi menjaga wilayahnya sehingga masyarakat dapat terlindungi.

Usai melakukan kunjungan di posko Covid 19 di Pabesenan Lembang Tadongkon Kecamatan Kesu’. Sabtu pukul 08.30 wita Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan bersama Nurdin Abdullah melakukan audiensi diruang eks hotel marante Kantor Bupati Pemkab Toraja Utara, Sabtu 9 Mei 2020.

Didepan Gubernur bersama seluruh jajarannya, Bupati menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan perantau Pemkab Toraja Utara juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

Selain itu dilaporkan kepada gubernur di Kabupaten Toraja Utara telah digerakkan dan dicanangkan penanaman holtikultura tentunya sudah tumbuh berkembang. Bibit juga disalurkan bagi masyarakat dan dapat diambil di Dinas Pertanian dan Kecamatan.

“Meskipun dalam suasana masih mencekam ini kita harapkan semua dapat segera berlalu,” ucap Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan.

Mendengar hal itu, Gubernur Sulawesi Selatan hari ini benar-benar menyalurkan bantuan dari donasi APD lengkap dalam rangka penanganan Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara.

“Kami tidak menerima tunai tapi diberikan dalam bentuk barang. Di Makassar juga dilakukan pembagian nasi dos untuk sahur dan berbuka puasa itu juga diberikan oleh donasi yang ada di Makassar. Sulsel ini kita semangat gotong royong sangat tinggi dan hal ini turut membantu pemerintah,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Lanjut Gubernur, terlihat hampir semua daerah di Sulawesi Selatan penjagaan sungguh ketat. Hal itu dibuktikan dengan setiap yang berjaga di posko dilakukan secara selektif dan interview asal, riwayat kesehatan, perjalanan kemana dan seterusnya, “itu dilihat di kabupaten Toraja Utara sehingga saat ini belum ada Covid 19 di daerah ini,” apresiasi Gubernur kepada Satgas Covid 19 Toraja Utara.

“Jika ini kita lakukan maka kita akan keluar dari zona merah, skenario kita sekarang ialah menyisir yang terkena dampak Covid seperti ODP, PDP, OTG dan memberikan edukasi serta diberikan vitamin ini pengalaman kita dalam menghadapi suasana luar biasa seperti ini,” terang Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

“Adapun bantuan yang diserahkan oleh Pemprov Sulsel sebagai berikut : Rapid test kit sebanyak 160 unit, APD full set 5 set, APD 180 unit, masker 3M 40 lembar, masker N-95 40 lembar, masker bedah 400 lembar, hand sanitizer jerigen 4 jerigen, sabun cuci tangan 7 botol, face shield 30 unit, alcohol swab 1 dos, blood lancets 2 dos dan sarung tangan 5 dos,” jelas Nurdin Abdullah.

Hadir dalam kegiatan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Toraja Utara, Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma, Kajari Tana Toraja Jefri P. Makapedua, Dandim 1414 Tator Letkol Czi Zaenal Arifin, Ketua Pengadilan Negeri Tator Timotius Djemey, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan John Rande Mangontan dari Fraksi Golkar, Dan Potasik Fraksi PDI Perjuangan dan Jufri Sambara’ dari Fraksi Partai Demokrat.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed