oleh

Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor di Beberapa Lembang.

LeponganNews – Toraja Utara Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Toraja Utara mengakibatkan tanah longsor di sejumlah lokasi. Saat ini, cuaca di kabupaten ini masih mendung dan diperkirakan masih akan turun hujan disore hari.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tanah longsor terjadi salah satunya di jalan desa kelurahan Nonongan Kecamatan Sopai.
Selain menutup akses jalan, peristiwa tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa.

Untuk akses jalan yang tertutup saat ini sedang proses pembersihan, dan kami mengirim alat berat ,” ujar kepala BPBD Kabupaten toraja utara, Alexander Tappang saat ditemui awak media di lokasi kamis (20/02/2020).

Dari hasil informasi yang dihimpun awak media, ada tiga lokasi longsor yang terjadi di hari kamis yakni Lembang (red-desa) Sareale Kecamatan Tikala, Lembang Sikuku Kecamatan Kapalapitu, serta Kelurahan Nonongan Kecamatan Sopai.

Longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak sore hingga Rabu (19/02/2020) malam.

Longsor terjadi di Sereale akses jalan penghubung Rantepao-Panggala menyebabkan tebing sisi jalan proses pengerjaan pelebaran jalan tidak dapat dilewati sebab tertimbun material longsor hingga 15 meter.

Sementara di Lembang Sikuku tertimbun material longsor berupa tanah dan batu besar sejauh kurang lebih 100 meter dan ketinggian 6 meter.

“Longsor tertutup tanah dan batu besar serta pohon bambu sehingga tidak bisa dilalui sementara kendaraan roda dua maupun roda empat,” ucap salah satu warga yang enggan dipublikasikan .

Lanjut warga , material longsor sangat sulit disingkirkan dengan cara manual karena tumpukan cukup tebal, sehingga harus menggunakan alat berat.

Sementar akses jalan penghubung Tikala-Pangala sementara tidak dapat dilalui, namun masih ada dua jalan jalur Alternative.(Sal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed