Kasus Positif Covid-19 terus bertambah di Tator  

oleh -3 views

 

Lepongannews.com – Makale, — Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 terus bertambah di Tana Toraja. Sehari sebelumnya yakni pada Selasa (30/6/2020) telah diumumkan dua kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 dan sedang di kirim ke Makassar untuk mengikuti Program Rekreasi Duta Covid-19 Satgas Provinsi Sulawesi Selatan.

Kini, Dua kasus baru terkonfirmasi Positif Covid-19 di wilayah Tana Toraja kembali diumumkan oleh Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja. Rabu (01/7/ 2020).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariany Sampe didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja Daniel Galenta.

Dua kasus baru (kasus 11 dan 12) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada Tana Toraja diantaranya Kasus 11 adalah laki-laki, beralamat di Barebatu Lembang Kole Barebatu, Kecamatan Malimbong Balepe’ umur 36 tahun, bekerja sebagai Tenaga Kebersihan pada Dinas PUPR Kabupaten Tana Toraja.

“Berdasarkan riwayat tracing oleh petugas surveilans diketahui bahwa pasien tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah, Pasien 11 sehari-hari bekerja sebagai Tenaga Kebersihan” kata Mariany.

Dijelaskan, Pada Minggu 28 Juni 2020 pasien menjadi salah satu peserta yang menjalani program rapid tes massal dari Satgas Covid-19 Tana Toraja karena dianggap orang dengan mobilitas tinggi dan rentan terpapar Covid-19.

Dari hasil rapid test, Pasien 11 ini dinyatakan reaktif dan dilanjutkan dengan pemeriksaan TCM pada tanggal 30 Juni 2020 dan dinyatakan positif Covid-19. Selanjutnya Senin, 30 Juni 2020 malam hari pasien langsung dirujuk ke Makassar untuk menjalani Program Rekreasi Duta Covid-19 Satgas Provinsi Sulsel.

Kemudian, Kasus 12 adalah laki-laki, beralamat di Manggasa’ Kelurahan Lamunan, Kecamatan Makale, umur (51 tahun) pekerjaan sebagai karyawan penginapan.

Berdasarkan riwayat tracing oleh petugas surveilans diketahui bahwa pasien tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah, Pasien 12 sehari-hari bekerja sebagai karyawan penginapan

Pada Sabtu, 27 Juni 2020, Pasien 12 masuk ke RSUD Lakipadada dengan keluhan panas, riwayat demam sehingga dilakukan rapid test dan dinyatakan reaktif. Selanjutnya Selasa, 30 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan TCM dan dinyatakan positif Covid-19.

“Saat ini pasien 12 sedang dilengkapi berkasnya untuk dirujuk ke Makassar menjalani Pelayanan Rujukan Covid-19 Satgas Provinsi Sulsel” tutur Mariany.

Dengan diumumkannya 2 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 12 kasus terkonfirmasi positif dimana 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh, 5 pasien masih dirawat dan dirujuk ke Makassar dan satu kasus dinyatakan meninggal dunia.(Jesika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *