oleh

OPA CIKPAL’S Makale Tator kembali merekrut 14 Anggota Muda Angkatan VII

Lepongannews – MAKALE, Organisasi Pecinta Alam Citra Kawula Muda Pecinta Alam Semesta (OPA CIKPAL’S) Tana Toraja telah menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) bagi 14 Anggota Muda yang lolos seleksi OPA CIKPAL’S yang terbagi menjadi 2 gelombang sesuai dengan AD/ART OPA CIKPAL’S Pasal 11-12.

Gelombang pertama dilaksanakan di Uluway di ikuti oleh 11 orang calon anggota muda selama tiga hari pada tanggal 3-6 Januari 2020, sedangkan gelombang Kedua di gelar di Kaero Kec. Sanggalla’ yang di ikuti oleh 3 orang calon anggota muda pada tanggal 18 Januari 2020, dan Gelombang ke III sebagai penutup Angkatan VII masih sementara dalam proses seleksi.

Pada Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) ini para peserta mengikuti berbagai materi yang di awali dari materi indoor yg mencakup Pengenalan kegiatan Outdoor sampai pada Management Perjalanan yang terbagi atas Managemen Persiapan, Waktu, Financial, dan Laporan dan Materi Outdoor yg meliputi Jiwa korsa, Disiplin, Fisik, Mental, Sikap, Integritas, Loyalitas, Keorganisasian, Sosped, Survival, Ormed, Navrat dan sebagainya.

Salah satu Pendiri OPA CIKPAL’S Ron Parassa yang memberikan Materi Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) mengatakan bahwa Alam memiliki pelajaran dan dapat mengajar Manusia, Alam Menulis Hukum nya sendiri, Manusia hanya mampu mengintip, dan sebetulnya buta huruf tentang Alam, jadi marilah menilai diri sendiri bersama Alam sebab sesungguhnya kita terlalu kecil di Alam ini.

“Dengan pergi ke alam, Pecinta Alam akan belajar berbagai hal, belajar mengenal diri sendiri, orang lain, lingkungan serta belajar mengenal Tanah Air sekaligus memahami rakyatnya” jelas Ron

Sesuai dengan UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, Masyarakat, Bangsa dan Negara, UU ini diyakini sejalan dengan Kode Etik, Asas dan Motto Pecinta Alam Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan Ron, Alam memiliki pelajaran dan dapat mengajar Manusia, demikian mereka yang beraktivitas di alam bebas akan berkarakter baik sehingga memiliki kesadaran untuk mengabdi kepada Tuhan, Bangsa dan Tanah Air.

Memelihara alam beserta isinya serta menggunakan sumber alam sesuai dgn kebutuhannya serta menghormati tata kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitarnya serta menghargai manusia degan kerabatnya.

“Berusaha mempererat tali persaudaraan antar pecinta alam sesuai asas pecinta alam. Berusaha saling membantu serta saling menghargai pelaksanaan pengabdian terhadap Tuhan seperti yang terkandung dalam Kode Etik Pecinta Alam” pungkas Ron.

Usai mengikuti DIKLATSAR para peserta mengikuti Upacara Prosesi pelantikan Anggota Muda (AM) OPA CIKPAL’S dengan mengucapkan Kode Etik Pecinta Alam Indonesia, Asas Pecinta Alam Indonesia, Motto Pecinta Alam Indonesia dan Sumpah Janji Anggota OPA CIKPAL’S, sebelum dilantik menjadi Anggota Muda dengan memakai Slayer Berwarna Hijau Muda.

OPA CIKPAL’S memiliki Visi yakni Menjadi Organisasi Pecinta Alam yang Unggul dan Berkualitas.

Selain Visi OPA CIKPAL’S juga memiliki Misi antara lain:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Menjaga dan melestarikan alam yang di karuniakan Tuhan Yang Maha Esa
  3. Menjalin tali persaudaraan antara pecinta Alam Pada Khususnya dan Masyarakat Pada Umumnya.
  4. Meningkatkan Peran serta Anggota dalam melaksanakan Tujuan Organisasi serta mampu berkopetitif.
  5. Menumbuh kembangkan dan membina potensi yang sadar akan cinta lingkungan serta sosial kemasyarakatan.
  6. Mendidik dan membina kemampuan anggota menuju pencapain keterampilan khusus yang dapat meneruskan perkembangan organisasi,
  7. Melakukan usaha yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Diketahui, OPA CIKPAL’S telah berdiri sejak tahun 1994 di Toraja dan di daftarkan secara resmi di Kesbangpol pada bulan Mei tahun 2005 dengan nomor SKT KESBANG, 220/119/KKL/V/2005 No. Urut 170 dan Sudah merekrut 79 Anggota dari tujuh Angkatan. Saat ini OPA CIKPAL’S sedang berproses melebarkan sayap dengan mengurus legalitas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) Republik Indonesia.(Jesika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed