oleh

Peran Wartawan Sangat Strategis Rawan di Masa Corona: Komentar Wakil Ketua I DPRD Lutra Perjuangkan ke Pemda Intensif

Lepongannews.com –LUTRA-Peran dan fungsi Wartawan yang ber KTP Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel)sangat strategis dan rawan terkonfirmasi Covid-19. Dimana Wartawan Media Cetak Harian dan Media Online menjadi penyedia informasi yang aktual dan kredibel di tengah gempuran berita-berita palsu/hoax di media sosial yang bisa menghambat upaya penanganan virus Corona.

“Hal itu disampaikan Wakil Ketua I DPRD Lutra dari fraksi NasDem Awaluddin pada wartawan media ini, Sabtu (9/5/2020) bahwa, kami fraksi NasDem meminta Pemerintah Daerah (Pemda) memperhatikan dan memperhitungkan juga para Wartawan yang berpenduduk Lutra untuk diberikan juga Bantuan Uang dan Sembako, karena mereka juga warga Bumi Lamaranginang yang terdampak corona, seperti masyarakat lainnya,” ucap Awaluddin mantan Ketua Apdesi Lutra ini melalui jejaring WhatsApp.

Karena warga itu tidak hanya membutuhkan informasi mengenai perkembangan penanganan kasus Corona yang menakutkan, tetapi juga informasi berita yang memveri harapan. Ini penting untuk membuat masyarakat tetap waspada, juga berita yang memberi harapan, tentang mereka-mereka yang telah sembuh dari Virus Corona, informasi yang menghibur, yang menonjolkan humanisme, supaya warga tetap tenang.

Apalagi saat-saat ini terjadi krisis komunikasi di pemerintah yang bisa menyebabkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah berkurang.

” Dalam kondisi seperti ini, peran dan fungsi Wartawan, selain sebagai kontrol pemerintah, juga memberikan informasi serta edukasi yang akurat, supaya warga tahu dan mengerti langkah yang harus mereka laksanakan/lakukan untuk menangkal, mencegah penyebaran virus corona, dan disinilah juga peran dan fungsi pemerintah mulai dari pusat, provinsi, daerah sampai desa,”jelas Awaluddin yang juga pernah menjadi Kepala Desa dan tahu penderitaan wartawan dan masyarakat.

Wakil Ketua DPRD I Lutra ini, memberi masukan dan aspirasi untuk memperhitungkan dan memperhatikan Wartawan di BumimLamaranginang, kan dana untyk Covid-19 ini ditamvah lagi Rp.9,8 Milyar dari Rp.23 Milyar bertambah Rp. 32,8 Milyar.

“Dana ini cukup besar, sisipkan juga pada para Wartawan yang ber penduduk Luwu Utara seperti masyarakat penerima lainnya, maka mereka tidak berkecil hati,” tambah Awaluddin mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Lutra.

Sementara itu Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Lutra, Haeruddin Yusuf juga mengatakan, ” dalam masa-masa sekarang terjadi krisis akibat bencana alam nasional Covid-19, posisi dan nilai Wartawan dan media cetak harian dan media online, justeru sangat penting dan strategis, maka perhitungkanlah juga mereka karena Wartawan yang ber KTP Lutra juga warga kita yang terdampak Covid-19. Pantas juga mereka mendapatkan bantuan dana/uang dan sembako, banyakji itu anggaran pandemi covid di Lutra, bayangkan Rp. 32,8 Milyar,” ketusnya.

Lanjutnya,” Karena perannya, fungsinya adalah membangun kesadaran, kepedulian dan tentu juga mengontrol pemerintah,” jelas anggota DPRD Lutra dari fraksi NasDem yang akrab disapa pak HD. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed