Satu Orang Positif Covid-19, Kasus Pertama di Toraja Utara, Minta Tingkatkan Pengawasan Perbatasan 

oleh -8 views

 

Lepongan News, Rantepao, – Salah satu Warga Toraja Utara telah dinyatakan positif terjangkit virus Corona (Covid-19) sesuai hasil tes PCR Swab dari Provinsi.

Hal itu terungkap saat jumpa pers oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara di kompleks perkantoran gabungan dinas Marante di Kecamatan Tondon, Minggu (31/5/2020) sore.

Ketua tim Gugus Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan memimpin langsung Konfrenss terhadap  kasus pertama positif Covid-19 di Toraja Utara.

Ketua Tim Gugus mengatakan, enam hasil Rapid test yang dikirim ke Makassar, empat orang dari pihak kepolisian dan dua warga sipil.

Hasil tes Swab diperoleh setelah dikirim ke Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (28/5/2020) lalu.

“Dari ke enam orang yang terkirim, hanya satu positif Swab yaitu warga sipil Toraja Utara, dan sebelumnyabIa punya riwayat perjalanan dari Tangerang, tugas pendidikan kesana dan dia calon pendeta,” ucap Kalatiku.

Pasien tersebut sudah berangkat ke Makassar untuk menjalani wisata Covid-19 yang diprogramkan Gubernur Sulsel untuk menjalani perawatan.

“Mahasiswi yang bersangkutan sudah diberangkatkan ke Makassar, dan Toraja Utara mazih zero Covid-19 dan tetap zona hijau. Saya minta warga tetap tenang dengan adanya kabar ini,” ungkap Kalatiku.

Sementara keluarga pasien ditempat domisilinya  akan dilakukan Rapid test hari ini, juga untuk memastikan dan menentukan hasil selama berinteraksi dengan pasien.

Sebelumnya Pasien bersangkutan tidak mengalami gejala apapun dan termasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dalam keadaan sehat selalu.

Dalam konfrenss ketua tim gugus Bupati Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara Elizabeth R Zakaria, Direktur RSUD Pongtiku dr Remen Taulabi, dan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara, Anugrah Yaya Rundupadang. (hta).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *