oleh

Sosialisasi Bahaya HIV dan AIDS di Desa Mekar Sari Jaya

LUTRA, LEPONGANNEWS.COM – Kepala UPT Puskesmas Baebunta Selatan bersama Fenny Pauvi Kalatiku, S.Kep, NS pemegang program penanggulangan HIV AIDS dan Sirdayanti Bunga Tasik, SST bidang koordinasi melaksanakan sosialisasi bahaya HIV dan AIDS di Desa Mekar Sari Jaya Kecamatan Baebunta Selatan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) Senin (12/10/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Desa Mekar Sari Jaya, Puskesmas Baebunta Selatan.

“Kami melaksanakan kegiatan sosialisasi HIV dan AIDS di Desa Mekar Sari Jaya. Kerja sama Pemerintah Desa (Pemdes), Puskesmas Baebunta Selatan dan melibatkan kaum ibu-ibu/PKK, kaum pemuda dan masyarakat Desa Mekar Sari Jaya,” ungkap Fenny Pauvi Kalatiku kepada media ini.

Fenny menjelaskan, sosialisasi tersebut dalam rangka memberikan dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya HIV dan AIDS.

Masyarakat harus diberi pemahaman yang lengkap dan rutin disosialisasikan. Sehingga masyarakat paham tentang penyakit HIV dan AIDS.

Ia menjelaskan cara penularan HIV dan AIDS yaitu, melalui jarum suntik yang tidak steril atau sudah terinveksi HIV, cairan sperma, cairan vagina dan lewat Air Susu Ibu (ASI).

Lanjutnya Fenny mengatakan, pengobatannya ada, yaitu diberikan obat untuk diminum seumur hidup untuk meningkatkan kualitas hidup atau daya tahan tubuh bukan untuk menyembuhkan penyakit HIV dan AIDS.

“Pencegahannya yakni, tidak boleh berhubungan seksual secara bebas, setia pada pasangan, gunakan kondom, tidak boleh gunakan jarum suntik yang tidak steril dan harus dilakukan edukasi terus menerus kepada masyarakat,” tandasnya.(yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed