oleh

Sudah 2 Hari TGC Dinkes Rapid Test PPDP, 326 Orang dan 4 Reaktif, Komentar Jubir Covid-19 Lutra

LUTRA, Lepongannews.com – Mulai kemarin Sabtu 11 Juli 2020, KPU Luwu Utara (Lutra) meminta Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan Lutra me rapid test virus corona kepada Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dari 660 orang se Luwu Utara.

Hasil rapid test sudah empat Petugas PPDP dari 326 orang sudah di rapid test, dan besok Senin (13/7/2020) masih ada 334 PPDP yang akan di rapid test.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Lutra, I Komang Krisna pada media ini melalui via WhatsApp, Minggu (12/7/2020) malam.

Selanjutnya, keempat PPDP itu diwajibkan menjalani isolasi mandiri sekaligus menunggu hasil tes swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

660 orang PPDP yang mengikuti rapid test itu tersebar di 15 Kecamatan, 166 Desa dan 7 Kelurahan di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara.

“ Jubir Covid-19 Lutra mengumumkan bahwa ada empat orang PPDP dari 326 PPDP yang dirapid test oleh Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lutra, yang hasil rapid test-nya reaktif. Rapid test sudah dua hari dilakukan dan tinggal besok 13 Juli 2020 dilanjutkan untuk 334 orang PPDP,” ujar I Komang Krisna.

“Selanjutnya, keempat PPDP itu sudah dilakukan swab kali pertama. Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari sembari menunggu hasil swab kedua,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) pada Dinas Kesehatan Lutra.

I Komang Krisna mengatakan sudah berkoordinasi dengan KPU Lutra asal keempat orang PPDP yang hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif tersebut.
Hingga sekarang belum diketahui penyebab hasil rapid test keempat PPDP itu reaktif.

“Dalam kondisi seperti ini kan tidak diketahui juga mana yang Orang Tanpa Gejala (OTG) atau tidak. Dalam satu pekan ke depan ini, kami akan memantau perkembangannya. Mohon maaf, di sini saya tak menyampaikan siapa namanya dan alamatnya dimana dari keempatnya itu,” tegas Jubir Covid-19 Lutra.

Rapid Test kepada PPDP itu dilakukan sebelum PPDP melaksanakan tugasnya pada 15 Juli 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Lutra, I Komang Krisna, mengatakan rapid test massal yang dilakukan terhadap PPDP merupakan bagian kegiatan dari KPU.
“Kalau itu screening dari KPU,” katanya singkat. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed