oleh

TGC Penanggulangan Covid-19 Lutra Kembali Lakukan Contact Tracing

Lepongannews.com – LUTRA-Kasus terkonfirmasi Covid-19 Luwu Utara bertambah setelah Selasa (5/5/2020) Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, I Komang Krisna, SKM, M. Kes, melaporkan 4 orang pelaku perjalanan dari Jawa Timur positif terinfeksi Virus Corona.

Salah satu yang dilaporkan sebagai kasus baru itu merupakan warga Seko yang bermukim di Baebunta Kabupaten Luwu Utara dan telah diantar ke Makassar (5/5/2020) untuk menjalani isolasi di Swissbell Hotel.

Terhadap kontak erat dari santri di salah satu pesantren di Jatim ini, Tim Gerak Cepat Penanggulangan Covid-19 Luwu Utara melakukan Contact Tracing dengan melakukan kunjungan rumah dan mengambil sampel swab pada 3 orang pada Rabu (6/5/2020).

Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, yang mendampingi TGC Dinkes Lutra saat melakukan Contact Tracing kepada wartawan media ini menjelaskan, tim memeriksa dan mengambil sampel pada 3 orang yang tinggal serumah dengan kasus terkonfirmasi Covid-19 tersebut. ”

Pengambilan sampel swab hidung dan tenggorokan dilakukan terhadap kontak erat kasus positif kemarin,” kata Kapus Baebunta. Hairul Muslimin menyebutkan upaya contact tracing ini dilakukan untuk menelusuri orang-orang yang telah berinteraksi secara erat dengan kasus positif dan mengidentifikasi ada tidaknya penularan pada kontak erat itu. ”

Sampel swab ketiganya akan dikirim ke Makassar untuk dilakukan pemeriksaan PCR di BBLK Makassar,” kata alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Makassar ini. Ia juga menambahkan kalau ketiga orang kerabat dari kasus terkonfirmasi Covid-19 itu menjalani karantina mandiri sambil menunggu hasil pemeriksaan PCR ketiganya. ”

Kita berharap tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 di Luwu Utara, asal karantina mandiri dilaksanakan dengan disiplin dan masyarakat juga melaksanakan anjuran pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19.” pungkasnya. (yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed