oleh

Wakil Gubernur dan Anggota DPR RI Sarce Bandaso Tinjau Langsung Lokasi Longsor Poros Toraja-Palopo

Lepongan News,Toraja Utara.-
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan anggota DPR RI Sarce Bandaso serta DPRD Provinsi dengan sigap langsung ke lokasi bencana di kilometer 24 arah Palopo-Toraja yang dikenal dengan julukan nama Warung Tengah, Kelurahan Batang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sabtu (27/06/2020).

 

Kunjungan Wagub ke lokasi longsor Poros Toraja-Palopo didampingi Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang dan anggota DPRD. Di lokasi, Wagub Andi Sudirman bertemu dan bincang-bincang langsung dengan warga dan memberi semangat.

“Saya mengimbau agar warga bisa mencari tempat sementara yang lebih aman untuk menghindari terjadinya tanah longsor susulan. Sebab tanah yang ada disekitar sini adalah tanah labil,” ungkap Wagub Andi Sudirman Sulaiman kepada warga.

Tambah Wagub, Pemerintah Provinsi akan melakukan koordinasi kepada dinas terkait dan Kehutanan Provinsi untuk mencari solusi lokasi hutan yang bisa dipakai untuk dijadikan pemukiman sementara bagi warga yang terkena dampak tanah longsor, karena untuk bangunan permanen yang ada sekarang diatas tanah sudah tidak memungkinkan, sangat berat diatas tanah yang miring dan labil.

Diketahui, bencana tanah longsor menghanyutkan 9 rumah dan 10 rumah yang masih berdiri ikut terdampak dan terjadi pada Jumat (26/06/2020) sekitar pukul 16.00 Wita dengan kerugian material belum diketahui. Sementara bangunan yang masih ada berdiri kokoh sudah kosong ditinggal pemiliknya.

Di lokasi longsor Wagub Andi Sudirman juga menyerahkan bantuan sembako bagi warga yang terdampak dan juga membagi-bagikan masker kepada warga yang ada di lokasi.
Selain pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara juga menyerahkan bantuan beras kepada warga yang terkena longsor dan terdampak di lokasi.

Sementara di lokasi yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Sarce Bandaso yang membidangi Banggar dan Infrastruktur Bina Marga saat di temui wartawan disela sela rombongan terkait atas kondisi musibah tanah longsor poros Toraja-Palopo mengatakan, ini harus dipercepat penanganannya untuk membuka kembali akses jalan penghubung antara Toraja dan Palopo. “Ketika saya kembali ke Jakarta akan melaporkan langsung di kementerian,” kata Politisi PDIP dari Dapil 3 Sulsel.

Selain Anggota DPR RI Sarce Bandaso dari PDIP, tiga legislator lainnya dari PDIP juga ikut dalam kunjungan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman meninjau bencana tanah longsor di poros Palopo-Toraja kilometer 24, diantaranya Wakil Ketua Komisi C Dan Pongtasik, Esra Lamban dari Komisi D selaku Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara Timotius Samuel Lande.

Kunjungan Anggota DPR RI dan DPRD legislator PDIP dari semua tingkatan, dalam rangka lakukan peninjauan bersama Wakil Gubernur untuk melihatĀ  lebih dekat atas kejadian tanah longsor yang memutus total akses jalan penghubung antara Palopo ke Toraja Utara.(hta).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed